Halaman

Jumat, 21 Mei 2010

Linux from Scratch

Ini cerita jaman dahulu kalo orang berbagi linux, yang dikasih berupa source program (*.tar.gz)-nya, berupa teks skrip program yang harus di kompilasi, tidak seperti yang ada sekarang, seperti *.iso dan paket aplikasi *.rpm, *.deb, yast, yum.
Mereka membangun kembali linux dari nol berdasarkan teks skrip program tersebut dan mengujinya. Cara ini sekarang disebut Linux from scratch.

Apa itu Linux From Scratch?
Linux From Scratch (LFS) adalah proyek yang menyediakan instruksi langkah-demi-langkah membangun sistem Linux yang disesuaikan sendiri sepenuhnya dari source.

Mengapa saya ingin sebuah sistem LFS?
Banyak yang bertanya-tanya mengapa mereka harus melalui berbagai kerumitan membangun sistem Linux dari awal ketika mereka bisa men-download distribusi Linux yang sudah ada. Namun, ada beberapa manfaat membangun LFS. Antara lain:

* LFS mengajarkan orang bagaimana sebuah sistem Linux bekerja secara internal
o Bangunan LFS mengajarkan Anda tentang semua yang membuat Linux menjadi hidup, bagaimana segala sesuatu bekerja sama dan saling bergantung satu sama lain. Dan yang paling penting, bagaimana untuk menyesuaikan linux untuk selera dan kebutuhan Anda sendiri.

* Membangun LFS menghasilkan sebuah sistem Linux yang sangat kompak
o Ketika anda menginstal distribusi biasa, akhirnya anda menginstal banyak program yang akan Anda mungkin belum pernah digunakan. Program-program itu hanya ada di sana memenuhi disk space. Tidak sulit untuk mendapatkan sistem LFS dipasang di bawah 100 MB. Apakah yang masih terdengar banyak? Beberapa developer telah bekerja pada menciptakan sistem LFS yang sangat kecil. Mereka membuat sistem yang cukup untuk menjalankan server web Apache; total penggunaan kapasitas disk adalah sekitar 8 MB. Dengan perlucutan yang lebih lanjut, yang dapat mencapai sampai 5 MB atau kurang. Cobalah bandingkan dengan menggunakan distribusi biasa.

* LFS sangat fleksibel
o Bangunan LFS bisa dibandingkan dengan bangunan rumah jadi. LFS akan memberikan kerangka dari sebuah rumah, tetapi terserah pada Anda untuk menginstal pemipaan, saluran listrik, dapur, kamar mandi, wallpaper, dll Anda memiliki kemampuan untuk mengubahnya menjadi jenis sistem apapun yang Anda butuhkan, disesuaikan sepenuhnya oleh Anda.

* LFS menawarkan keamanan tambahan
o Anda akan mengkompilasi seluruh sistem dari source, sehingga memungkinkan Anda untuk mengaudit semuanya, jika Anda ingin melakukannya, dan menerapkan semua patch keamanan yang Anda inginkan. Anda tidak harus menunggu orang lain untuk menyediakan sebuah paket biner baru yang (semoga) memperbaiki lubang keamanan. Seringkali, Anda tidak pernah benar-benar tahu apakah lubang keamanan itu ada, kecuali jika Anda melakukannya sendiri.


neh rencana ane , ade sepupu n temen2 ane, mohon dukungannya ya smuanya....................

sumber :
Linux from Scratch, membangun linux dari nol
LFS official pages